Jangan Takut Mengenai Bahwa Diri Kita tidak Sempurna

GURU MUDA - Menghilangkan minder dan rasa malu berlebihan tak semudah membalikan telapak tangan. 

Kita cenderung bersikap canggung ketika berhadapan dengan orang-orang yang dianggap sempurna secara kasat mata, baik sempurna jasmaninya maupun rohaninya. 


 
Namun, sesekali tengoklah, dibalik ketidaksempurnaan yang Allah beri,ada kelebihan yang allah selipkan untuk kita disini. 

Jangan takut mengenai bahwa diri kita tidak sempurna, karena ketidaksempurnaan inilah yang akan menjadi sulaman benang rapuh untuk mengikat kita satu sama lain. 

Pada hakikatnya, manusia hidup untuk saling melengkapi, saling mengisi dan saling menempati sehingga akhirnya kita sadar diri dimana posisi kita yang pasti. Perumpamaan hidup itu tak jauh beda dari sebuah teka-teki.

Kenali Potensi Kita Agar Memberi Manfaat Kepada Sesama


Jangan rusak nilai kita dengan membandingkannya dengan capaian orang lain. 

Berbanggalah dengan potensi yang Allah beri. Manfaatkan kelebihan dan kekurangan untuk menggali potensi diri. Kenali potensi anda dan tekuni. 

Setelah itu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saja dibalik ketidaksempurnaan yang kita miliki ada kelebihan yang Allah beri. Maka ,marilah kembali mengkaji dan membuka inspirasi untuk mewujudkan mimpi-mimpi.
 
Mungkin tanpa disadari anda ahli dalam bidang kimiawi, tasawuf, ilmu teknik 
dan kedokteran, ilmu sastra dan sebagainya. Ayo semangat !kalau bukan kita  siapa lagi,kalau bukan sekarang kapan lagi.

Jadilah Pribadi  Yang Tangguh

Jangan mudah mengeluh dalam gumaman panjang lebar. Gumam tak akan menjadi sebuah pencapaian jika tak dibarengi dengan usaha dan kesabaran.banyak bertindak, sedikit bicara adalah kunci utamanya. 

Kita boleh lelah dengan keadaan, namun  bangkitlah dan jadikanlah keberhasilan sebagai penawar segala perih juangmu. 

Jadilah pribadi  yang tangguh serta bijak dalam bertindak.

Jangan menjadi pemuda-pemudi yang lemah terkalahkan oleh masalah.

Genggam masalah itu ditangan kita sampai kita dapat menguasai dan mencari jalan keluarnya. 

Jangan biarkan masalah menguasai pikiran kita.Anda harus dapat mengendalikan diri tanpa melibatkan emosi, iri dan dengki.Maka libatkan Allah dalam segala hal. Mintalah untuk tetap tegar dan tangguh dalam menghadapi masalah yang sedang menimpa kita. 

Belajar Ikhlas Meski Tak Rela

"Ikhlas itu tak pake tapi sayang!".ikhlas berarti kamu menerima segalanys dengan sepenuh hati. Kekurangan dan kelebihan dalam bentuk apapun yang Allah beri,biarlah hati kita seluas lautan. 

Menerimanya dengan lapang agar curahan nikmatnya terus membentang. 

Meski terkadang hati dan pikiran tidak sejalan,tetaplah untuk belajar ikhlas dengan keadaan. 

Kesalahan Terbesar Adalah Ketika Kita Tidak Sadar Bahwa Kita Memiliki Kelebihan

Teruntuk kita, jangan menjadi keledai bodoh yang selalu menyakiti diri sendiri serta menyesali kekurangan pribadi. 

Puncak kesalahan terbesar seseorang ialah ketika kita tak menyadari bahwa dibalik ketidaksempurnaanya manusia, ada kelebihan yang Allah anugerahkan secara bersamaan. 

Maka dari itu, jangan terlalu mempermasahkan ketidaksempurnaan karena masih ada kelebihan yang harus kita apalikasikan dalam kehidupan. 

Sebenarnya Allah Selalu Memuliakan Wanita,Hanya Saja Mereka Tak Menyadarinya 


Allah swt memuliakan wanita dengan keistimewaannya. Wanita tak jauh beda dari sebuah permata yang amat berharga dan harus dipelihara keutuhannya.

Apabila permata itu tergores, maka retaknya akan kelihatan jelas dan membekas.Sehingga,jangan sampai permata itu terjatuh kepada sembarang orang. 

Karena,jika mereka jatuh kepada orang yang salah,permata itu akan dipenuhi dosa yang menodainya. 

Tanpa disadari, Allah memuliakan hak wanita diatas laki-laki.Lewat kalam sucinya, surat an-nisa menjadi bukti kasih sayang illahi.

Selain itu juga surga yang begitu agung diletakkan ditelapak kakinya. Dengan kasih sayangnya pula, rahim hanya ada pada wanita.

Riil bukan? 

Lelaki mana yang memiliki rahim?

itulah sebabnya wanita tiga kali lebih mulia derajatnya dari pada laki-laki. 

Harga Diri Seorang Wanita

Kita selalu berfikir bahwa wanita adalah sosok yang lemah tak berdaya. Padahal,dibalik itu semua, tersimpan keistimewahan dan kekuatan yang luar biasa. 

Ketika telah menjadi seorang ibu rumah tangga, mereka harus siap segalanya.Bahkan disaat melahirkan, wanita rela menahan nyeri mempertaruhkan nyawa.

Tugasnya tak henti-henti, setelah itu beban mereka bertambah lagi,wanita harus siap bangun malam untuk menyusui, menimang-nimang anaknya,menyuapi,merawat belum lagi melayani suami dan keluarganya.

Maka harga diri wanita lebih utama dari apapun itu.

Anjuran untuk para laki-laki,posisikan lah wanita ditingkat high level.Umpamakan wanita sebagai mahkota yang harus dijaga dan dipelihara agar tak jatuh kehormatannya. 

Jangan anggap wanita sebagai alas kaki yang diinjak-injak seenaknya. 

Teruntuk Perempuan, Jangan Mencoreng Arang Di muka Sendiri

Dengan anjuran menutup aurat, jangan ini dan jangan itu, sebenarnya Allah memuliakan wanita. Maka, jangan memperlihatkan keburukan diatas kemuliaan yang Allah berikan. 

Beretikalah sesuai dengan ajaran islam. Kita dianjurkan untuk menjaga adab dalam pergaulan dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang diperbolehkan islam. 

Mencoreng arang dimuka sendiri tak lain dan tak bukan adalah mengumbar-ngumbar kejelekan,menganggap enteng aturan tuhan.

Mungkin bagi mereka yang tidak sadar dan tak mampu menjaga kehormatan,seperti mengumbar aurat dihadapan orang-orang. Adalah mereka sejatinya pencoreng arang dimuka sendiri.

Idolakan Dan Teladani Wanita Sukses Di alam Fana menuju alam Barzakh

Wanita itu punya kekuatan yang tragis, ia cenderung idealis. Banyak wanita sahalihah yang sukses dialam fana menuju alam barzakh. 

Mereka kebanyakan dari kaum yang gigih dalam memperjuangkan keinginannya untuk menjadi khoirunnisa'atau sebaik-baik wanita. 

Idolakanlah wanita -wanita pejuang yang menjadi kebanggaan bagi kejayaan agama islam. Karena dengan mengagumi mereka, akan muncul dihati kita sebuah keinginan untuk bisa seperti mereka. 

Pernah dengar, kisah wanita yang melakukan perjuangan yang tangguh untuk memikat islam dan menguatan ketauhidan umat beragama. 

Wanita itu salah satunya yaitu kisah Siti Asiyah yang menegakan kebenaran diatas kemungkaran.Adapula  kisah khadizah yang memperjuangkan dan mengorbankan seluruh harta dan tenaganya demi  ajaran islam. 

Selain itu juga,ada kisah -kisah lainnya yang membangkitkan semangat untuk berjihad dijalan illahi. Sikap mereka perlu diteladani oleh kita semua. 

Cari Jalan Terbaik, Istkhoroh Cinta Adalah Solusinya


Pada masanya, seseorang akan dihadapkan pada beberapa kessmpatan dan pilihan sampai salah satunya akan menjadi milik kita. 

Dalam memilih pasangan, Allah telah mempermudah kita dengan adanya salat istikharah dan berdo'a. Jangan diambil pusing, istikharah adalah solusinya.

Mintalah petunjuk kepada Allah supaya diberikan yang terbaik untuk kita. Tetaplah semangat dan jangan mudah tumbang oleh angin ujian yang menggoncangkan. 

Karena jika Allah hendak mempersatukan dua hati, maka ia akan menggerakkan keduanya dan bukan salah satunya. 

Istiqomah Dalam Menetapkan Satu Pilihan


Inilah pentingnya hitbah, hitbah akan senantiasa membuat seseorang istikomah dalam menjaga hubungan, perasaan dan hati nuraninya untuk orang yang ia pilih atas keridhaan tuhan. 

Dari hitbahlah ikatan makin kuat menjelang pernikahan.

Istiqomah memang tak semudah hijrah. Jika dilihat dari sudut matematika, dapat dikatakan hsnys mencapai seratus dua puluh derajat. 

Sedangkan istikomah itu adalah lingkaran penuh sekitar tiga ratus enam puluh derajat. Bahkan sudah jelas dua kali lipat lebih sulit. Namun, tak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Kun fayakun... 

Jika Allah hendak mewujudkan itu terjadi, maka terjadilah. Berhentilah untuk menuntut sempurna kepada pasangan kita, karena yang kurang baik itu harus diperbaiki bukan ditinggalkan begitu saja. 

Berusahalah untuk menerima apa adanya kelebihan dan kekurangan pasangan. Ingatlah bahwa kesempurnaan akan tercipta jika keduanya saling menyempurnakan. 

Nikah Muda, Kenapa Tidak ? Dari Pada Berbuat Dosa


Jodoh itu telah diatur oleh Allah,kapanpun dan dimanapun dipertemukannya.Allah telah merencanakan jodoh masing-masing hamba sejak zaman ajali. 

Jangan malu,karena keberkahan dalam pernikahan itu tidak dilihat dari cepat dan lamanya usia pernikahan. Jangan segan pula dan jangan mempermasalahkan  apakah kita dan pasangan kita telah dewasa atau tidak?

Sebenarnya dewasa itu proses, karena yang tua belum tentu dewasa Menikahlah jika takut berbuat dosa jangan terlalu menunda-nunda. 

Nikah itu ibadah, nikah itu indah,kenapa?karena pengorbanan dan perjuangan bertumpu didalamnya.

Jangan malu pula apabila Allah belum mempertemukan kita dengan jodoh yang sudah dituliskan Allah dibuku takdir.

Bersabarlah, semua akan indah pada waktunya. Bagi seseorang pujangga atau gadis yang belum menikah, sebaiknya berpuasalah. 

Menikahlah Jika Ada Lelaki Saleh Yang Melamarmu


Ketika menjadi seorang remaja, wanita dilibatkan pada dua pilihan,yaitu menunggu seseorang yang dicintai datang melamar atau menerima lamaran seseorang yang serius mencintai. Menikahlah jika ada lelaki shaleh yang melamarmu. 

Tipe lelaki sholeh itu ialah baik nasabnya, baik agamanya juga akhlaknya. Jangan menunda pernikahan karena alasan materi atau kebutuhan. 

Karena Allah berjanji akan mencukupkanmu dsn memenuhi semua hajatmu dengan kasih sayang. 

0 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.