Rahasia Menjadi Guru Blogger yang Sukses

GuruMuda.web.id - - - Beruntung saya bisa menjadi salah satu dari jutaan orang yang berprofesi sebagai guru. Tambah beruntung lagi ketika saya termasuk dari sekelompok guru yang juga senang ngeblog. Kesenangan membaca dan menulis, maka terciptalah beberapa blog yang menjadi ruang belajar dan berbagi di dunia maya.

Dari segelintir guru yang ngeblog, tentunya sangat sedikit guru blogger yang terbilang sukses. Maka, menjadi seorang yang pembelajar saya terus menggali, belajar, mempraktikkan ilmu dari guru-guru blogger yang sudah sukses menurut saya. Diantara guru blogger itu salah satunya Bapak Namin AB Ibnu Solihin.

Menarik dengan artikel salah satu postingannya yang berjudul Membuat Konten Kreatif di Blog. Secara gratis Pak Namin membagikan materi itu dalam acara e-learning untuk rakyat bersama Pak Onno W Purbo dan Pak Satria Dharma di Gedung Telkom Jakarta Utara.

Tak menyia-nyiakan kesempatan ini, saya pun segera mengunduhnya. Namun, sayang tidak dijelaskan secara mendetail isi dari materi tersebut. Saya pun tersadar, “Materi Presentasi yang Baik adalah Singkat, Padat dan Jelas.”

Maka, tak salah kiranya jika saya menjelaskan tentang Bagaimana Rahasia Menjadi Guru Blogger yang Sukses yang ada dalam materi Pak Namin tersebut, tentunya menurut versi saya.

Lalu, Apa Rahasia Menjadi Guru Blogger yang Sukses?

Pertama, Membangun Budaya Literasi

Literasi di sini berarti keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya. Membudayakan atau membiasakan untuk membaca, menulis itu perlu proses jika memang dalam suatu kelompok masyarakat kebiasaan tersebut memang belum ada atau belum terbentuk. (Trini Haryanti)

Alhamdulillah, saya sedikit bisa di dunia desain grafis menggunakan CorelDRAW atau Photoshop. Di blog Guru Muda ini ada kategori EduDesign, dibuat sebagai wadah saya untuk berkarya di bidang desain atau berbagi seputar desain grafis.

Memang yang saya rasakan, butuh keuletan untuk bisa CorelDRAW ataupun Photoshop. Butuh imajinasi juga sebagai nilai tambah. Intinya mau nggak kita belajar?
Salah satu artikel EduDesign


Ketiga, Rajin Blog Walking

Bagi seorang blogger, sangatlah tidak asing dengan istilah Blog Walking atau sering disingkat BW. 

BW sendiri adalah berkunjung ke blog orang lain. Bisa juga BW adalah silaturahmi. Menyambungkan persaudaraan sesama blogger. Tidak hanya berkunjung, tapi ada interaktif dengan selalu memberikan komentar atas artikel yang kita baca.
Saya sedang BW di blog wijayalabs.com, tak lupa berkomentar
Keempat, Open Minded

Ya. Berwawasan luas. Ini sangat berhubungan sekali dengan literasi (membaca dan menulis). Dengan sering membaca, pembendaharaan kata akan bertambah. Dengan membaca pula kita akan tahu kelemahan dan kelebihan dari apa yang kita baca. Termasuk dengan tulisan yang sedang rekan Guru Muda baca ini. 

Berwawasan luas harus siap menjadi pembelajar sejati. Ingin terus belajar. Sesuai dengan salah satu hadist, "Utulubul 'ilma minal mahdi ila lahdi" ini perintah untuk menuntut ilmu mulai dari buaian hingga bersiap ke liang lahad.

Berwawasan luas pun harus siap untuk menerima kritikan dan saran dari orang lain. Menghilangkan sifat egois yang bukan pada tempatnya. 


Banyak komunitas blogger di dunia maya. Salah satunya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog atau KSGN. Ada sekitar 15.000 guru lebih yang sudah bergabung di KSGN ini. Dengan bergabung di komunitas banyak sekali manfaatnya. Diantaranya, keempat Rahasia Menjadi Guru Blogger yang Sukses di atas akan tercapai.



Bagaimana?

Siap Menjadi Guru Blogger yang Sukses?


Salam Ta'dzim
Guru Muda | Yusron Fauzi

16 Komentar

  1. Guru adalah profesi yang mulia karena ikut mencerdaskan manusia dengan berbagi ilmu.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahamdulillah, ada silaturahmi dari guru saya nih...

      Salam ta'dzim juga dari Garut

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Pak hadi. Kapan kita bisa kopdar lagi ya???

      Hapus
  3. Kang Yusron ijin copy ya, mengenai rahasia menjadi guru blogger yang belum ibu praktekan adalah coreldraw. Mau belajar rasnya dah tuir. Walau tua bukn alasan. Jadinya ya gt, blog ibu pokoknya untuk sarana ibu nulis aja. Coba jalan jalan k blog ibu, kasih masukkan dong kang Yusron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan bu Asih. Tidak ada alasan untuk terus menginspirasi bu guru.
      Langsung ke TKP ya...

      Hapus
  4. Wah.... thanks for sharing, Kang.
    Mantaff ilmunya 😉

    BalasHapus
  5. wuih keren, saya ingin menjadi bagian itu " Guru yang sukses ngeblog" juga.
    salam kenal saya nurul dari guru Bojonegoro.

    BalasHapus
  6. Menjadi Guru itu Pilihan,...
    Mantap Pak, teruslah Menjadi Guru dan teruslah Berkarya (y)

    BalasHapus
  7. Menjadi guru itu keren...

    Guru yang suka nge-blog... keren banget :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas inan, masih terus belajar mas...

      Hapus
  8. Salam kenal pak..... !!!
    Alhamdulillah, mendapat sebuah motivasi untuk berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Raddy.
      Semoga bisa bermanfaat.

      Terima kasih ya kunjungannya

      Hapus

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.