GURUMUDA.WEB.ID - Untuk sukses ngeblog mesti diperhatikan perkara yang dianggap remeh oleh blogger. Ada beberapa mahasantri saya menanyakan, “Pak, gimana sih caranya untuk sukses di blog?”

Saya hanya bisa tersenyum untuk menjawabnya, karena terus terang meskipun saya mengenal ngeblog sudah sejak tahun 2008, tapi jika ditanya kesuksesan, saya pasti celingak celinguk. Karena sampai hari ini saya belum merasa menjadi blogger yang sukses.


Namun, meskipun begitu saya merasa pengertian dari SUKSES itu adalah ketika seseorang bisa bermanfaat untuk orang lain, atau seseorang yang membantu orang lain yang bisa meraih prestasi dalam bidang apapun.

Mahasantri saya pun mungkin berbaik sangka kepada saya bahwa saya adalah Guru Blogger yang sukses, karena pernah meraih Guru Blogger Inspiratif pada tahun 2015.

Lalu, bagaimana caranya supaya sukses ngeblog?

Berikut yang bisa saya bagikan menurut pengalaman saya sebagai guru yang suka ngeblog:

#1. Menulis Artikel

Ya. Ini inti dari blog. Karena blog adalah media berbagi informasi yang bermanfaat, dimana informasi diberikan berupa tulisan/artikel yang disisipi dengan gambar untuk mempercantiknya. 

Perlu dicatat bahwa menulis di blog berbeda dengan menulis di buku cetak atau majalah. Menulis di blog, khususnya di blog pribadi kita itu tidak baku harus sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan (EyD). Menulis di blog itu bebas sesuai dengan passion kita.

Namun, alangkah baiknya dan dibiasakan meskipun blog pribadi adalah rumah kita, menulis artikelnya pun harus baik. Bahkan kalau bisa memakai mind mapping (peta pikiran)

Cara membuat artikel itu sangatlah gampang, apalagi menulis yang sesuai dengan kesenangan kita. Ngeblog misalnya. Ini resep rahasia bagaimana cara membuat artikel, dimana saya pernah menulis artikel hanya 5 menit saja.

Bagaimana Caranya, Pak???

Menulis artikel dengan cepat apalagi hanya 5 menit itu susah-suah gampang. Karena ada faktro-faktor yang mempengaruhinya.

Terbiasa Menulis

Karena saya dipaksa untuk membiasakan menulis, maka ketika saya harus menulis artikel untuk mengejar deadline, alhamdulillah saya bisa mengerjakannya. 

Membiasakan menulis meskipun hanya beberapa kalimat saja itu perkara wajib bagi seorang blogger. Karena tugas blogger adalah menulis artikel. Jadi harus terbiasa menulis.

Buat Konsep/Draft Tulisan di Pikiran

Karena menulis artikelnya tidak membutuhkan waktu yang lama, maka untuk membuat draft/konsep tulisan, cukup direkam di pikiran saja. Tanpa harus membuang waktu dengan menuliskan konsep artikel di kertas. Tentunya, kenapa saya bisa. Karena kuncinya adalah sudah terbiasa menulis.

Menulis Sambil Memperbaiki

Jika para mentor menyarankan jangan mengedit ketika menulis, saya sebaliknya. 

Saya sering melakukan ketika menulis, lalu tulisan itu harus diperbaiki, saya langsung perbaiki.  Kalau dulu saya begitu, menulis aja dulu tanpa memperbaiki EyD atau ada ketikan yang salah.

Sekarang, saya sudah terbiasa memperbaiki tulisan ketika ada EyD yang salah.

sumber: www.domainesia.com/vm

Lanjut ke Panduan Sukses Ngeblog ya...

Yang pertama tadi apa?

Ya. #1. Menulis Artikel

Sekarang kedua...

#2. Mencari Gambar untuk Memperkuat Tulisan


Gambar dalam sebuah blog adalah menjadi rukun penting yang harus ada di setiap tulisan. Meskipun terkesan hanya sebagai penghias saja, tetapi jangan salah. Gambar bisa mengajak orang untuk membaca tulisan kita.

Kemampuan untuk mengedit foto meskipun dasar itu harus ada di setiap blogger. Meskipun menggunakan aplikasi edit foto di Android.

Saya cukup bisa desain grafis menggunakan CorelDRAW ataupun Photoshop. Di blog pun Guru Muda ini ada kategori EduDesign, sengaja dibuat sebagai wadah saya untuk berkarya di bidang desain atau berbagi seputar desain grafis.

Butuh keuletan untuk menguasai  CorelDRAW ataupun Photoshop. Butuh imajinasi juga sebagai nilai tambah. Intinya adalah selalu belajar. Makanya, tagline Guru Muda adalah Pembelajar yang Tak Pernah Pintar.


#3 Rajin Blog Walking

Itilah Blog Walking atau sering disingkat BW tidak asing bagi seorang blogger. Blogwalking  adalah berkunjung ke blog orang lain. Bisa juga BW adalah silaturahmi. Menyambungkan persaudaraan sesama blogger. Tidak sekadar  berkunjung, namun  ada interaktif dengan selalu memberikan komentar atas artikel yang kita baca.

#4 Bergabung dengan Komunitas Blogger

Banyak komunitas blogger di dunia maya apalagi di facebook. Di grup ini kita akan berbagi tulisan, saling memberikan kritik dan saran. Bahkan berbagi peluang blog juga.

#5 Bagikan Tulisan

Setelah semuanya siap, menulis artikel, disisipi gambar. Selanjutnya adalah bagikan hasil tulisan untuk dibaca sama orang lain. Jangan lupa, minta juga untuk memberikan komentarnya.

#6 Istiqomah Menulis Artikel

Terakhir dalam panduan sukses ngeblog adalah istiqomah. Ya, berkelanjutan atau terjadwal menulis adalah perkara yang penting bagi blogger yang ingin sukses. Tanpa istiqomah, jangan harap bisa sukses di dunia blog.