Pesantren Curug Pengkuh dengan Metode Salafiyah

GURUMUDA.WEB.ID  - - Zaman digitalisasi tak memengaruhi metode sebuah pondok pesantren di Garut, tepatnya di Kampung Curug Desa Simpangsari Kecamatan Cisurupan.

Di bawah kendali seorang kyai wara' dan istiqamah, K.H. Iip Syarif Hidayatullah dan dibawah asuhan K.H. Marzuq Abu Bakar ini, Pondok Pesantren Darul Huda masih memegang metode klasik ( tradisional).

Dimana pesantren yang jumlah santri putra putri ratusan ini masih konsisten membudayakan "ngalogat", untuk menerjemahkan kitab kuning.

Pesantren yang berlokasi tepatnya di kaki Gunung Papandayan ini  didirikan oleh K.H. Eyang Muhammad Yahya (Alm.), sekitar tahun 1800-an Masehi. 


Adapun materi ilmu yang diperdalam adalah Ilmu Kalam (Nahwu dan Shorof), materi lainnya: Tafsir, Hadits, Tauhid, Fiqih, Tashowuf, Usul Fiqih, Balaghoh, Tasrifan, Durusunnahwi, Falaq, Hikmah, Qiro'at, Kaligrafi, Suluk, Pencak Silat. 


Sementara kegiatan mingguan di Pesantren Curug diisi dengan Tarbiyatudda'wah, Tajwid Al Qur'an, Tahfiz Sorfiyah, Jurumiyah, Imrithi, Yaqulu dan Tamrian.


Untuk selalu menjaga silaturahim antara alumni, pesantren menyediakan pengajian khusus para alumni setiap hari Kamis ke-2 bulan Masehi.

Bahkan, pada tanggal 17 Syawal khusus agenda silaturahim para santri Muqimin dan Alumni. (#DaiTraveler)

1 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.