Ada JIMAT di Hegarmanah

GURUMUDA.WEB.ID - Apa yang terbayang ketika mendengar atau membaca kata "Jimat"?
Bacaan yang mengandung ilmu hikmah? Atau mantraan yang berbau unsur syirik?

Di Hegarmanah, sebuah kampung di Kecamatan Kadungora, Garut, ibu-ibu menghadiri sebuah perkumpulan demi " Jimat."

Untuk menempuhnya, mereka harus menyusuri pematang sawah yang terkadang licin bila sawah diairi. Tampak dari wajah mereka tak menandakan keluh kesah karena jarak dari rumah karena beda kampung. Ini karena ingin meraih "Jimat."

Ba'da Ashar seorang ustad muda membuka perkumpulan itu. Diawali dengan pembacaan Surat Yasin, Ratib Al Hadad dan shalawat.

Setelah itu, diisi dengan kajian ilmiah dengan tema-tema yang berbeda tiap minggunya. Namun, sering kepada kajian akhlak dan rumah tangga.

Ibu-ibu sangat percaya, dengan "Jimat" lah mereka berikhtiar untuk dunia dan akhiratnya. Mereka pun yakin, dengan "Jimat" derajat mereka akan naik.

Menurut mereka, celakalah jika mereka tak mengaitkan hati dengan "Jimat."



JIMAT itu...

Sebagian ibu-ibu ada yang  membawa air untuk membawa ke tempat "JIMAT."

Ya, JIMAT. Ngaji di Hari Jum'at. Perkumpulan ibu-ibu pengajian yang dilakukan setiap Hari Jum'at ba'da Ashar. Bertempat di Pesantren Nurul Musthofa Hegarmanah.

Sebuah perkumpulan yang diharapkan menjadi sebab berkumpulnya mereka di surga. Yakinlah, karena majelis ilmu adalah bagian dari taman-tamannya surga.

Dengan kajian ilmiah, dzikir dan shalawat menjadi jalan mereka menjadi manusia unggulan. Dengan membawa predikat husnul khotimah di akhir hayat. Dalam keadaan Alloh ridho ketika ruh dicabut dalam jasad.

0 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.