Seberapa Pentingkah Email untuk Siswa?

GURUMUDA.WEB.ID - Setelah guru muda memberikan tutorial bagaimana Cara Mengirim Tugas Lewat Email Gmail di HP Android, ada bahasan yang sempat telupakan. Yaitu, Apa itu Email dan Seberapa Pentingkah Email untuk Siswa?

Baiklah, gurumuda akan mencoba membahas pengertian email, dimana saat ini email yang sangat popular adalah GMAIL ,milik Google.

Apa itu E-Mail?

Email, singkatan dari elektronik mail (surat elektronik) artinya surat yang bukan diantar seperti dulu jika akan mengirimkan surat kepada sanak keluarga harus melalui Kantor Pos, yang diantarkan oleh Pak Pos.

Namun, email adalah surat elektronik yang bisa mengirimkan sangat praktis.

Ada istilah “email” pasti ada sejarahnya dong…

Penemu email bernama Raymond Samue Tomlison pada tahun 1960. Namun, tahun 1970 baru bisa dikembangkan dikarenakan kendala belum adanya internet saat itu.

Email sebagai media berkirim pesan secara elektronik ini lengkap dengan fasilitas penyimpanan dan fitur pesan secara singkat. Para siswa pun bisa memanfaatkan media ini untuk saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

Lalu, Seberapa Pentingkah Email untuk Siswa?

#1. Tidak Memerlukan Kertas

Ya. Ini sangat membantu sekali buat siswa dalam urusan mengirimkan tugas kepada gurunya. Seperti halnya sering Guru Muda lakukan kepada siswa di MTs IQRO.

Jika kamu belum bisa membuat akun Gmail bisa dilihat di tulisan ini: Cara Membuat Akun Email di Gmail Menggunakan HP Android


#2. Dilakukan Secara Online

Pastikan kamu harus mempunyai kuota internet untuk memanfaatkan email/surat elektronik. Ketika dulu mengirimkan surat manual (kertas) dengan memakai prangko, nah email wajib memakai kuota data internet untuk membantu memudahkannya.


#3. Belajar Online

Tentu saja, kita bisa belajar online dengan hanya memiliki satu akun gmail saja. Karena dengan satu akun gmail saja, bisa terintegrasi (terhubung) dengan sejumlah aplikasi yang disediakan oleh Google.

Misalnya:

Google Apps for Education, sekumpulan aplikasi manajemen untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang bisa diakses secara online dengan waktu yang sangat kondisional. Antara guru dan siswa bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja, tanpa batas waktu. Juga dengan Google Apps for Education ini.

Google Classroom, sama seperti halnya GAFE yang dibahas di atas. Google Classroom juga sebagai salah satu aplikasi persembahan Google berbasis pendidikan. Tentunya sangat membantu sekali dalam proses jalannya proses kegiatan belajar dan mengajar.

Lebih-lebih bagi saya sebagai guru muda. Google classroom sangat bermanfaat bagi saya untuk menunjang pendidikan yang lebih baik dalam menghadapi kemajuan teknologi dan informasi yang sangat masif ini.

Google Video for Education, bagi yang suka VLOG, itu adalah modal untuk memanfaatkan Google Video for Education ini.

Kengapa tidak sekalian kita menggunakan video untuk keperluan belajar-mengajar?
Keren bukan?

Google Video for Education dapat menjadi solusi penting bagi guru dan siswa untuk dijadikan berbagi video sebagai media berkomunikasi dan pembelajaran.

Semuanya sudah terintegrasi antara satu dengan lainnya secara online hanya dengan satu akun gmail.

Kita tidak mesti khawatir akan kehilangannya data, kalau-kalau suatu saat komputer kita rusak. Kenapa sebabnya?

Ini dikarenakan Google Apps for Education sudah  menggunakan cloud system (suatu metoda komputasi disajikan sebagai suatu layanan ) yang menjamin keamanan serta privasi data kita.

Catatan Tambahan: Ini yang tak kalah penting dali pentingnya mempunyai akun gmail, yaitu kita bisa mempunyai domain seperti www.gurumuda.web.id. Pastikan juga kita harus cerdas memilih web hosting terbaik.

.

0 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.