Cara Membuat Buletin Guru Muda dengan CorelDRAW

GURUMUDA.WEB.ID - Buletin adalah salah satu media publikasi yang diterbitkan secara berkala. Seperti halnya, koran, majalah, tabloid, dan yang lainnya. 

Di zaman digital, buletin yang sering kita temui dalam versi cetak, bisa diubah menjadi buletin digital. 

Tak lain, tujuannnya adalah sebagai media belajar saya mengasah kemampuan di bidang desain grafis. Juga sebagai media publikasi secara offline dan online. 

Maka, tentu saya sangat bersemangat sekali berbagi di blog Guru Muda ini.



Sebelumnya, saya pernah menulis tutorial Cara Membuat Buletin Kreatif Sekolah dengan Microsoft Office Word. Kali ini saya membuat buletin Guru Muda dengan CorelDRAW. 

Corel DRAW bukan satu-satunya aplikasi untuk pembuatan buletin, setidaknya ada 4 Aplikasi untuk Membuat Buletin Kreatif.

Baiklah, saya tidak akan berlama-lama dalam muqoddimah ini. KIta langsung mengawali belajar membuat buletin di COrelDRAW.

Saya pastikan telebih dahulu, Anda sudah membuka program aplikasi CorelDRAW (bebas versi yang mana saja)

Inilah langkah-langkah membuat buletin kreatif:

1. Siapkan dokumen baru dengan mengklik menu File > New 
2. Pilih ukuran kertas A4
3. Ubah jenis kertas yang awalnya portlait menjadi Landscape




4. Tarik border (penggaris) yang di sebelah kiri, ke kanan. Lalu klik huruf P




5. Selanjutnya, Anda bisa berkreasi untuk membaut buletin dengan menggunakan Rectangle Tool, atau bisa langsung tekan F6.




Untuk membuat desain buletin jadi seperti Guru Muda ini, diperlukan ketelatenan, ketekunan dan kesabaran. 

Selamat Berkreasi

Untuk bisa mendapatkan Buletin Digital Guru Muda versi PDF, Silakan Anda bisa mendapatkan di Google Drive di bawah ini secara GRATIS:

  1. Edisi Perdana
  2. Edisi Bulan Februari 2018

5 Komentar

  1. Bagus banget ulasannya, memang bener, dibutuhkan kreatifitas dan ketekunan dalam membuat buletin seperti ini. Saya jg sering memanfaatkan corel utk membuat poster seminar, backdrop dan spanduk selamat datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mas Adi, saya pun memanfaatkna corel dibantu dengan photoshop juga sebagai media belajar

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. berkreasi tanpa ide dan ketrampilan yang ada malah sampai new document malah bingung mau dibuat gimana..betul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh... banyak trial and error kuga yang saya alamai, apalagi kalo kompinya sering restart... harus ngulang lagi

      Hapus

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.