Literasi Digital Club (LDC) sebagai Ekskul Unggulan Tambahan

GURUMUDA.WEB.ID - Tujuannya sangat sederhana. Mengajak siapapun untuk meningkatkan minat baca tulis secara digital.

Saya sebut LDC. Literasi Digital CLUB. Sebagai salah satu ekstrakurikuler tambahan di MTs IQRO dimana saya mengajar. LDC adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang menitikberatkan kecakapan siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Meskipun banyak ekstrakurikuler yang ada di MTs, seperti Tahfiz Qur'an, Karate, Paduan Suara, Marawis, dan Marching Band. Saya berinisiatif menggandeng zaman digital seperti saat ini dengan membuka ekstrakurikuler LDC, dengan harapan semoga bisa menjadi jembatan bagi siswa akan pentingnya ekstrakurikuler di sekolah.

Untuk materi awal, saya memberikan pelajaran dasar seperti Microsoft Office Word untuk kelas 7. Alasannya, karena untuk kurikulum 2013 ini, dengan "TERPAKSA" mapel TIK harus dihilangkan.

Baca Juga:



Anggota LDC sendiri saya fokuskan untuk anak-anak kelas 7. Karena masih banyak waktu untuk mereka menguasai beberapa program aplikasi. Next time, mereka harus mampu membuat aplikasi android dengan mudah.


Tentunya materi Ms. Word tak bisa dipisahkan dengan program selanjutnya. Metoda yang saya gunakan harus diikuti siswa dengan cepat. Maka dari itulah, untuk sementara saya hanya memilih siswa yang memiliki laptop saja. Supaya di rumah, materi yang dibahas bisa diulang kembali.

Literasi Digital Club sebagai upaya menambah khazanah Gerakan Literasi Sekolah berbasis digital. [RONI YUSRON FAUZI]

0 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.