GERAKAN LITERASI SEKOLAH: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah

GURUMUDA.WEB.ID - Sebagai aktivis di dunia baca tulis, tentu saja saya sangat menyambut baik dengan program pemerintah berkenaan dengan Gerakan Literasi Sekolah. Ini bisa menjadi ladang saya sebagai kepanjangan tangan mencerdaskan anak didik.


Apalagi saat ini saya mengasuh Perpustakaan Dhuafa Rumah Baca AsmaNadia Garut. Sebelum Gerakan Literasi dicanangkan, Alhamdulillah saya sudah mulai mengampanyekan literasi di masyarakat dengan Program Kampung Cerdas Kampung Membaca.

Baiklah, mari kita telisik mengenai Gerakan Literasi Sekolah


APA GERAKAN LITERASI SEKOLAH?


Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Seperti apakah Sekolah sebagai Organisasi Pembelajaran yang Literat ?


Sekolah yang menyenangkan dan ramah anak di mana semua warganya menunjukkan empati, kepedulian, semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan, cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya.

Apa Pelibatan Publik Terhadap Literasi?

Peran serta warga sekolah (guru, kepala sekolah, peserta didik, orang tua, tenaga pendidikan, pengawas sekolah, dan Komite Sekolah) akademisi, dunia usaha dan industri dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

TUJUAN UMUM GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah, supaya mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

TUJUAN KHUSUS GERAKAN LITERASI SEKOLAH

  • Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah 
  • Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan 
  • Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca
Silakan DOwnload Buku Saku Gerakan Literasi Sekolahnya DI SINI

1 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.