Ini Artikel Guru Muda dalam Kompetisi Guru Blogger

GURUMUDA.WEB.ID - Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional di tahun 2015, Guru Era Baru (GURARU) menyelenggarakan kontes untuk guru.

Berikut tulisan saya yang diikutersertakan dalam kompetisi tersebut.



Bila seorang guru ditanya, “Apa motivasi ibu atau bapak menjadi guru?”

Kebanyakan menjawab, “Ingin mencerdaskan anak bangsa.”

Jawaban di atas sama halnya ketika saya ditanya serupa, mungkin juga jawabannya sama dengan Guraru. Tujuan sama bukan berarti caranya pun sama. Termasuk saya.

Selain mengajar di MTs IQRO, aktivitas lain saya di dunia pendidikan yaitu mengasuh sebuah perpustakaan Rumah Baca Asma Nadia Garut. Dimana sebuah perpustakaan yang dikonsep dengan sistem mandiri. Maksudnya disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan setempat. Kondisi masyarakat yang bisa dikatakan ‘belum mengerti’ akan pentingnya pendidikan.

Maka, berawal dari fakta yang ada, saya bersama istri terus mengampanyekan minat baca. 

Kenapa harus membaca?

Telah kita mafhumi bersama, membaca menjadi tolak ukur seseorang dikatakan cerdas dan berpendidikan. Dengan membaca, seseorang akan dihargai meskipun tak ingin dihargai. Dengan membaca seseorang akan menjadi pembelajar.

Dengan beberapa ratus koleksi buku yang ada di Rumah Baca, saya mencoba memanfaatkannya. Menunggu pengunjung untuk meminjam buku merupakan salah satu perpustakaan itu kaku. Saatnya untuk beraksi. Harus ada gebrakan.

Maka, dengan membagi waktu. Saya mulai menjadwalkan untuk keliling kampung. Dengan membopong puluhan buku, pindah dari kampung satu ke kampung lain. Mencetuskan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca. Dengan tujuan masyarakat luas bisa merasakan bagaimana rasanya memantaskan diri menjadi manusia yang cerdas. Manusia yang terbuka.

Mencerdaskan Anak Bangsa tentu saja diawali dari saya yang harus cerdas terlebih dahulu. Alhamdulillah, masih dikarunia potensi yang sangat luar biasa, yang wajib saya syukuri. Sebagai bentuk kebersyukuran, saya rela menyebarkan keahlian yang saya miliki.

Program-program yang saya jalankan dengan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca adalah:

  • Pelatihan Komputer dengan 5 Modul (Ms. Office Word, Excel, Power Point, Corel Draw & Photoshop). Dengan tujuan mereka mempunyai kecakapan hidup. Supaya
  • Pelatihan Kepenulisan.
  • Public Speaking
  • Pelatihan Menyablon, dan lain-lain

Semoga dengan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca yang saya jalani, terlahir anak-anak yang cerdas.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

0 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.