Berkah itu Ketika Tafaruqon Pesantren Ramadhan dihadiri Guru Blogger Indonesia

GURUMUDA.WEB.ID- - - Bagi saya dan juga guru blogger lainnya, sudah tak asing lagi dengan blogger yang satu ini. Pria tambun yang aktif sebagai blogger dan sebagai trainer. Wijaya Kusumah atau biasa disapa Om Jay. Sungguh di luar dugaan, acara Tafaruqon Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Ramadhan 1436 H atau tepat pada tanggal 12 Juli 2015 ini dihadiri tamu istimewa dari Bekasi.

Awalnya Om Jay yang sebagai pendiri Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) menulis status di akun Facebooknya:

"Suasana i'tikaf di masjid tarbiyah kampung bojong wanaraja garut. Ceramah bisa dilihat lsg di youtube."



Tidak bisa saya sia-siakan kesempatan ini. Langsung saya komentari status beliau untuk menyempatkan waktu singgah di Rumah Baca Asma Nadia Garut yang saya asuh. Jarang-jarang guru yang super sibuk itu punya waktu luang. Akhirnya kami berkomunikasi lewat inbox facebook dan juga sms. Alhamdulillah, Om Jay bisa juga berkunjung ke rumah yang sangat sederhana di tengah sawah ini.



Om Jay Bilang Pesantren Mewah
Pemandangan di Pesantren Mewah

Tiba di lingkungan Rumah Baca sekitar pukul 14.30 WIB, selaku pribumi saya tidak bisa memberikan hidangan seperti pribumi biasanya. Maklum, ini Ramadhan (masa iya saya ngasih es buah siang-siang, bisa-bisa Om Jay bocor shaumnya. He... he...)

Saya tangkap dari raut wajahnya, meskipun cape, ada guratan kebahagiaan melihat anak-anak yang sedang mengikuti tafaruqon.
“Ini memang Pesantren Mewah!” kata beliau.
“Wah, ini sih nyindir...” batin saya.
“Maksudnya apa, Om? Kan pesantrennya belum jadi?” bingung saya.
“Ini Pesantren MEWAH. Pesantren mepet-mepet sawah...” kami tersenyum. Saya tidak menyangka selera humor beliau lumayan juga.

Blogger Guru Garut


Sempat kami berdiskusi lumayan lama seputar pendidikan, khususnya urusan guru yang senang ngeblog. Saya konsultasi dengan beliau, bagaimana caranya membangkitkan semangat ngeblog buat guru-guru yang ada di Garut. Karena setahu saya guru yang ada di Garut belum begitu tahu manfaat dari sebuah blog. 

Ini terlihat dari kurangnya aktivitas guru Garut di grup Facebook KSGN. Padahal KSGN bisa dijadikan tempat belajar bagi guru Garut untuk ngeblog. Apalagi visi KSGN menjadi  Komunitas Blogger terbesar di Indonesia pada tahun 2020 dengan Gerakan NgeBlog dan Menulis setiap hari dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan Indonesia.

Om Jay mencoba memberikan solusi dan mengusahakan untuk memotivasi guru yang ada di Garut. Beliau sudah berdiskusi dengan seorang dosen STKIP Garut. Om Jay pun memberikan tugas kepada saya untuk mencari pihak/sponsor untuk diadakan Pelatihan Ngeblog untuk Guru Garut.

Om Jay Wakili Donatur Memberikan Santunan Kepada Yatim Piatu Dhuafa


Mumpung ada tamu istimewa, saya mendapuki Om Jay untuk memberikan santunan mewakili donatur yang telah memberikan donasinya entah berupa barang ataupun uang. 

Santunan berupa uang dan juga paket lebaran itu diberikan untuk anak-anak Yatim Piatu Dhuafa binaan saya. Alahmdulillah, semoga saya bisa istiqamah menjadi fasilitator kebaikan buat mereka anak-anak.

Guru Blogger itu Ternyata Hafal Surat An Naba

Om Jay Sedang Mengetes Santri Hafiz Juz 30

Siapa dinyana, ternyata Founder KSGN seperti Om Jay mampu menghafal Surat An Naba yang jumlahnya 40 ayat itu. Buktinya, Om Jay mencoba kemampuan anak-anak santri.

“Siapa yang sudah hafal Juz 30?” kata Om Jay
Di barisan belakang, ada seorang anak perempuan yang mengacungkan tangan.

“Saya, Om!” sambil maju ke panggung, anak yang bernama Ari Sri Mulyani itu mendekati Om Jay.

“Coba bacakan Surat An Naba!”

Dengan fasehat Ari Sri menjawab tantangan Om Jay. Selepas khatam di ayat 40, Om Jay mengeluarkan sesuatu di dompetnya, beliau memberikan hadiah.

Semua girang. Alhamdulillah.

Sebelum Om Jay meninggalkan kami. Beliau memberikan motivasi.
“Semoga kalian menjadi penghafal-penghafal Al Qur’an. Karena Al Qur’an yang kalian baca akan menjadi penolong bagi kalian kelak!” tuturnya.

2 Komentar

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.